HIDUP FIK JAYA UNY

Jumat, 19 November 2010

Tips Menjaga Kesehatan

Kesehatan adalah harta karun yang tidak pernah kita sadari sampai kita jatuh sakit. Bagi perusahaan, mereka menginginkan pekerja yang segar bugar. Bila seseorang mudah sakit, tentu itu sedikit banyak akan mengganggu pekerjaan. Kesehatan juga berarti Anda memiliki energi dan kesiagaan untuk bekerja. Tanpa diragukan lagi, kesehatan harus kita jaga semaksimal mungkin.
Selain sehat, seseorang juga harus tampil baik. Tentu tidak semua orang lahir seperti Ben Affleck atau Jennifer Anniston tapi setidaknya semua orang dapat membuat dirinya lebih rapi. Walau pahit, namun kenyataannya dalam dunia kerja/usaha, penampilan memang berpengaruh. Terutama untuk memberikan kesan pertama. Berikut akan dijelaskan bagaimana menjaga kesehatan dan penampilan.
MENJAGA KESEHATAN
Sebenarnya resep menjadi sehat itu sederhana saja, memiliki pola makan sehat, berolahraga secara teratur dan tidur berkualitas yang cukup.
POLA MAKAN SEHAT
Berikut beberapa hal mengenai pola makan sehat:
-          Cukup Nutrisi
Waktu SD kita diajari tentang empat sehat lima sempurna. Itu bukan sekedar omong kosong. Nyatanya, tubuh kita memang memerlukan nutrisi yang cukup untuk memiliki daya tahan tubuh yang baik. Makanan yang instan dan mengandung pengawet sebaiknya dikurangi. Asupan yang berkolesterol, berkadar garam dan gula tinggi juga patut dikendalikan.
-          Pastikan Higienis
Begitu banyak kuman yang berseliweran diantara kita. Makanan adalah media yang paling sering membuat kita sakit. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang diolah secara higienis. Jangan menjadikan kondisi keuangan sebagai pembenaran untuk mengonsumsi makanan sembarangan. Tanyalah pada teman – teman tempat makan yang ekonomis dan bersih.
-          Makan Secara Teratur
Sesibuk apapun, makan tetap harus menjadi prioritas utama. Seringkali orang melewatkan sarapan denga alasan takut terlambat. Padahal menurut para ahli, sarapan adalah waktu makan yang paling penting karena kita membutuhkan tenaga untuk beraktivitas seharian. Jangankan tubuh kita, mobil saja perlu diisi bensinnya terlebih dahulu supaya bisa jalan. Tapi cobalah bangun lebi awal supaya sempat sarapan.


BEOLRAHRAGA SECARA TERATUR
-          Piih Jenis yang Disukai
Ada banyak jenis olahraga. Jenis olahraga yang menyebalkan akan membuat kita enggan untuk melakukannya lagi. Maka, pilihlah yang memang kita nikmati. Sesekali, variasikan jenisnya agar tidak membosankan.
-          Jadwalkan Secara Khusus
Alasan yang sering dikemukakan untuk tidak berolahraga adalah merasa tidak punya waktu. Nyatanya, kita memang tidak puny waktu untuk apapun kecuali kita memang menjadwalkan waktu secara khusus. Jadikan olahraga sebagai rutinitas.
-          Berolahraga bersama Teman – teman
Adanya teman dalam berolahraga dapat membuat kita lebih bersemangat. Kita memang cenderung lebih bertahan dalam berbagai situasi bila ada yang menemani.
GAYA HIDUP SEHAT
Selain menjaga makan, cukup tidur dan olahraga, yang tak kalah pentingnya adalah gaya hidup sehat. Merokok, minum minuman keras dan menggunakan obat – obatan terlarang jelas tidaklah sehat. Berpikirlah untuk jangka panjang. Yang paling baik adalah tidak mencobanya sama sekali untuk menghindari efek ketagihan. Bagi yang sudah menggunakannya, tidak pernah ada kata terlambat untuk berhenti. Mintalah bantuan jika perlu.
TIDUR BERKUALITAS
Sepulang bekerja seharian, kandang seseorang lebih senang menghabiskan waktu menonton TV atau berjalan – jalan dengan alasan menghilangkan kejenuhan. Apalagi bila semasa mahasiswa terbiasa bergadang, sulit bila harus tidur awal. Tentu idealnya seseorang memperoleh kuantitas dan kualitas tidur yang baik. Jika jka memang kurang tidur dari segi kuantitas, sebaiknya pastikan tidur kita berkualitas.
-          Hindari Tertidur
Tertidur berbeda dengan tidur yang memang diniatkan. Jika tertidur, biasanya kondisi kita belum ideal untuk tidur. Sebaiknya, kondisikan terlebih dahulu. Mematikan lampu membuat nyaman untuk sebagian orang. Tidur di tempat tidur juga merupakan ide yang lebih baik ketimbang tertidur di depan TV.
-          Punya Jadwal Tidur
Jadwal tidur yang relative tetap, membuat ritme biologis tertentu dalam tubuh kita. Hal ini dapat mengurangi penyakit susah tidur.
-          Berolahraga
Lagi – lagi olahraga menjadi salah satu kunci. Olahraga dapat membuat tidur lebih nyenyak akan menghindarkan kita terbangun tengah malam karena teringat masalah kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar